Jadilah Sebagamaina Kamu Dijadikan; Ikuti kodrat Ilahiahmu

Standar

manusia adalah makhluk Tuhan yang paling mulia. Ia diciptakan dengan penuh kesempurnaan baik secara jiwa mapun raga. tak hanya itu, manusia pun dianugerahkan akal dan pikiran. suatu kelebihan yang hanya dimiliki oleh makhluk yang dinamakan manusia. namun, dibalik semua itu manusia memiliki kewajiban sebagai khalifah dimuka bumi ini. ia adalah pemimpin dialam jagad ini, yang harus mampu menjaga dan melestarikan alam. itu adalah fitrah yang melekat pada manusia sejak zaman Nabi Adam hingga saat ini. namun, diera yang sudah semakin maju dan modern ini, manusia sepertinya telah lupa akan jati dirinya sebagai Makhluk Tuhan yang paling mulia.
Banyak diantara mereka yangtak lagi memegang teguh karakternya sebagai seorang manusia “makhluk yang paling mulia.” tak sedikit diantara mereka yang senang mengadu domba. mereka seakan senang melihat adanya pertikaian dan kekacauan yang timbul akibat perbuatan mereka tersebut. perlu diketahui dan mungkin semua orang telah tahu akan hal itu bahwa adu domba merupakan tindakan hina yang sangat berbahaya. tak sedikit peristiwa tragus dan naas yang berlangsung selama bertahun-tahun bahkan tindakan pembunuhan yng berawal dari aksi adu domba oleh manusia yang hina.rasanya prediket kasar tersebut sangat tabu untuk diucapkan, namun jika mengingat dahsyatnya akibat yang ditimbulkan, mau tak mau, susah atau mudah, dan tabu atau tidaknya,prediket tersebut harus mereka sandang. jika kita tidak mau memikul prediket tersebut, jalannya tidaklah sukar, yakni dengan tidak berbuat adu domba. bukankah hal itu tidaklah sukar namun sudah menjadi sesuatu yang memang harus dpegang teguh oleh manusia.
dibalik semua itu, saat ini sudah menjadi hal yang sulit untuk menjumpai manusia yang berprilaku jujur dan amanah. bukankah hal itu merupakan teladan yang telah dicontohkan oleh Nabi Muhammad SAW dengan sangat sempurna. selain itu, bukankah semua agama mengajarkan dan menekankan betapa pentingnya kejujuran. kejujuran bukanlah hal yang mestiny dipandang ekstrem. namun, ia akan menjadi suatu tombak yang dapat menciptakan tatanan yang maha indah. indah dalam hal ini tidak hanya mampu dilihat namun ia mampu dirasakan oleh jiwa bahkan sampai kerelung hati terdalam manusia. sebab, tidaklah mungkin manusia mendambakan kehidupan yang penuh kekacauan akibat tidak jujur. fitrahnya, dan berdasarkan kodrat Ilahiahnya, setiap manusia pasti selalu mendambakan bahkan merindukan ketentraman hidup yang akan tercipta jika manusia senantiasa mengemban dan memegang teguh kejujuran.
Telah jelaslah bahwa segelintir diantara kodrat manusia yang telah dipaparkan diatas, karena memang masih banyak kodrat manusia lainnya akan sangat berdampak bagi kehidupan manusia. dampak yang muncul bisa saja kehancuran dan malapetaka jika manusia lari akan kodratnya. ketentraman hidup tak akan tercipta jika manusia menyeleweng dari kodratnya. namun, tatanan hidup yang indah akan terwujud jika manusia mampu menjalankan serta mengemban amanah yang Sang Pencipta titipkan kepada mereka. tidak ada kesia-siaan dibalik semua titah Tuhan terhadap makhluknya. jadi, jelaslah bahwa semuanya tergantung kepada makhluk yang berlabel manusia (mulia) itu,mau dibawa kemana kehidupan ini bergantung kepada mereka. akankah mereka memilih jalan hidup yang tepat atau justrun sebaliknya. namun bagi Engksu yang tak ingin prediket mu sebagai makhluk yang mulia dirampas jalan satu-satunya adalah dengan menjalankan hidup berdasarkan titah Tuhanmu, dan jangan memilih untuk menghinakan dirimu dengan menjadi orang yang munafik.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s